Thursday, December 26, 2013

Tak Lolos CPNS, Honorer K-II Tak di-PHK

http://nataberita.blogspot.com/

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memastikan tidak akan memutuskan hubungan kerja dengan tenaga honorer kategori II (K-II) yang tidak lolos tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya hingga saat ini Pemkab masih membutuhkan tenaga mereka.

Kendati demikian, Pemkab masih akan melakukan pengkajian terhadap konsep hubungan kerja sama dengan para tenaga honorer K-II tersebut. Apakah akan diteruskan melalui jalur perpanjangan kontrak atau konsep lainnya, masih akan didalami lagi, mengingat diperlukan anggaran tidak sedikit untuk itu. Pun, pihak legislator di DPRD bakal digandeng untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita masih sangat kekurangan pegawai. Sementara ada keputusan dari pusat, bahwa tenaga honorer kategori II yang tidak lolos CPNS, diserahkan kepada daerah. Padahal sangat besar anggaran untuk penggajian tenaga honorer itu. Makanya masih kita kaji lagi. Yang pasti kita masih sangat membutuhkan para tenaga honorer itu,“ kata Bupati Danar Rahmanto, Kamis (26/12).

Dijelaskan Danar, bentuk pengkajian itu, dia akan segera memerintahkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Sekretaris Daerah (Sekda). Keduanya diminta untuk membuat analisis kebutuhan pegawai sekaligus kompetensi tenaga honorer K-II.

“Kemarin BKD dan DPRD berkonsultasi ke pusat tentang nasib honorer K-II yang tidak lolos CPNS. Dan hasilnya memang kewenangan sepenuhnya diserahkan ke daerah. Padahal berapa nanti yang akan kita tanggung juga belum tahu. Pada prinsipnya pusat hanya mengambil 30 persen dari 60.000 honorer kategori II. Bisa jadi, Wonogiri masuk semua, bisa jadi sebagian masuk atau malah tidak lolos semuanya,“ papar bupati.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi A DPRD Wonogiri Sunarmin menegaskan Pemkab harus bijaksana dalam menangani permasalahan ini. Diharapkan pula Pemkab segera menyusun konsep terbaik untuk dibahas bersama DPRD.

Sebelumnya diwartakan, BKD bersama DPRD Wonogiri berkonsultasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Tujuannya untuk mengetahui kelanjutan nasib tenaga honorer kategori II yang tidak lolos dalam tes CPNS. Di Wonogiri terdapat 756 tenaga honorer K-II.







Source

No comments:

Post a Comment