Thursday, December 26, 2013

2014, Gaji PNS Naik Rp 30 Miliar

http://nataberita.blogspot.com/

Sragen—Pemkab Sragen mengisyaratkan adanya kenaikan cukup signifikan terhadap besaran anggaran untuk membayar gaji PNS. Tahun 2014 nanti Pemkab telah mengalokasikan dana untuk membayar gaji PNS yang nominalnya mengalami kenaikan hampir Rp 30 miliar dari tahun lalu.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sragen, Muhari melalui Sekretaris DPPKAD, Untung Sugihartono, Kamis (26/12).  Berdasarkan RAPBD yang saat ini sudah diajukan ke Gubernur Jateng, untuk tahun 2014 nanti alokasi dana untuk membayar gaji PNS Sragen mencapai Rp 712,67 miliar. Angka ini diproyeksikan untuk seluruh PNS se-Kabupaten Sragen yang hingga akhir Desember 2013 ini tercatat mencapai 11.805 orang.

Jika dibandingkan dengan alokasi gaji PNS pada tahun 2013 yang mencapai Rp 682,14 miliar, jumlah dana untuk membayar gaji PNS tahun depan akan mengalami kenaikan sebesar Rp 30,52 miliar. Sementara, jika dikomparasikan dengan total APBD Sragen tahun 2014  sebesar Rp 1,52 triliun, angka alokasi gaji PNS mencapai persentase 46,82 persen.

Menurut Untung, kenaikan cukup fantastis pada alokasi gaji PNS itu dikarenakan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan gaji pokok PNS sebesar 6 persen pada tahun 2014. Dengan kenaikan itu, secara otomatis alokasi gaji secara akumulasi juga akan mengalami kenaikan.

“Alokasi itu baru sebatas di RAPBD dan masih menunggu evaluasi gubernur dan diketok. Namun yang jelas dari perhitungan, jumlah alokasi gaji PNS tahun 2014 mencapai Rp 712 miliar atau di kisaran 46,82 persen dari total APBD Sragen,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Sragen, jumlah total PNS hingga akhir Desember 2013 ini mencapai 11.805 orang. Mereka tersebar di 54 satuan kerja (Satker), termasuk yang berada di lingkungan kecamatan. Ia juga mengungkapkan, jika dipersentase dari total APBD, sebenarnya alokasi membayar gaji PNS masih di bawah 50 persen. Akan tetapi jika ditambah dengan dana sertifikasi guru maka persentasenya mencapai 61,91 persen.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Sragen, Joko Saptono berharap adanya kenaikan gaji bagi PNS tersebut hendaknya bisa diimbangi dengan peningkatan kinerja. Ia juga meminta sebagai abdi negara, PNS lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. “Utamanya Satker-satker yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, misalnya di RSUD, pelayanan KTP, puskesmas, atau Satker yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat secara langsung,” tegasnya.






No comments:

Post a Comment