Monday, January 27, 2014

Jalan Utama ke Nogosari Boyolali Rusak Parah

JALAN RUSAK- Jalan Mangu-Nogosari rusak parah sejak tiga tahun terakhir ini. Jalan ini rusak karena dilewati kendaraan dengan muatan berat. Joglosemar|Ario Bhawono

Boyolali - Jalan utama menuju atau penghubung ke Kecamatan Nogosari mengalami kerusakan yang  sangat parah. Kerusakan terjadi diruas jalan dari arah Kecamatan Simo maupun jalan tembus ke Pasar Mangu, Kecamatan Ngemplak atau arah bandara Adi Soemarmo.

Kondisi jalan Simo-Nogosari rusak parah hampir sepanjang satu kilometer. Kerusakan tak hanya karena adanya lubang jalan, namun hampir seluruh lapisan aspal terpecah bahkan ada ruas jalan yang juga mencuat hingga 30 sentimeter. Imbasnya, kendaraan roda empat khususnya yang kaki-kaki pendek seperti sedan dipastikan akan nggasrut dan terjebak. Kondisi ini diperparah tiadanya penerangan sehingga jalan sangat gelap saat malam hari.

Selain jalan penghubung Simo-Nogosari, jalan utama yang menuju ke Pasar Mangu atau bandara juga rusak berat hampir sepanjang dua kilometer. Kerusakan paling parah di sekitar Dukuh Bulu, Desa Tegalgiri, Nogosari. Kerusakan terjadi antara Desa Genting hingga Pilangsari. Selain menghambat lalu lintas, kerusakan jalan ini cukup berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Pasalnya, selain lebar jalan yang hanya sempit, jalan juga berkelok-kelok dan banyak tanjakan maupun turunan.

Kerusakan jalan ini semakin parah dan berpotensi kecelakaan selama musim penghujan ini. Pasalnya, seringkali lubang jalan berubah menjadi kubangan. Sehingga jika pengemudi tidak ekstra hati-hati, selain dapat terperosok ke dalam lubang juga bisa terjatuh karena terpeleset licinnya jalan.

 Marni (35), salah satu warga sekitar yang berjualan di tepi jalan Dukuh Bulu menuturkan, kerusakan jalan ini sudah terjadi sekitar tiga tahun lalu. Namun hingga saat ini menurut dia belum ada upaya perbaikan secara permanen. “Memang pernah ada upaya menimbun lubang-lubang dengan tanah bekas material, tapi tak lama rusak lagi,” tutur dia akhir pekan kemarin.

Camat Nogosari, Wagino membenarkan kerusakan jalan di wilayahnya tersebut. Camat mengatakan  kerusakan jalan ini akibat lalu lintas kendaraan berat seperti truk pasir maupun angkutan berat untuk proyek tol. Selain itu jalur tersebut juga sering dilalui truk pasir dengan tujuan Grobogan.

Camat mengatakan pihaknya sudah mendapat kabar bahwa jalan  tersebut akan diperbaiki. Menurut dia perbaikan dilakukan setelah proyek tol selesai. “Tahun ini sudah dianggarkan,” imbuh dia.









No comments:

Post a Comment