Sunday, February 9, 2014

Ratusan Siswa SD Baca Koran Massal

 BACA KORAN- Siswa SDN Randu Kecamatan Cepogo membaca koran secara massal dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional, Jumat (7/2). Joglosemar|Ario Bhawono

Boyolali - Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) serta untuk meningkatkan minat baca siswa, ratusan siswa SDN Randu, Kecamatan Cepogo melakukan kegiatan membaca koran massal, Jumat (7/2).  Dalam kegiatan yang dilakukan di halaman sekolah tersebut, masing-masing siswa membawa dan membaca korban dari berbagai media.

Sebagian siswa terutama yang sudah besar, terlihat komat-kamit membaca dengan lancar. Namun sebagian siswa yang masih kecil, terpaksa harus mengeja dengan suara keras melafalkan berita di dalam koran yang mereka bawa. Sebagian lagi tampak asyik membuka lembar demi lembar halaman koran melihat gambar foto. Kepala SDN Randu, Sri Dadiyo mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memperingati HPN yang akan jatuh pada 9 Februari besok. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengajarkan  siswa untuk mengapresiasi kerja jurnalistik. “Kegiatan ini juga untuk menanamkan gemar membaca sejak dini  kepada anak,” ungkap Sri Dadiyo.

Lebih lanjut menurut dia, kinerja dunia jurnalistik pada dasarnya aplikasinya sama dengan pendidikan di sekolah, yakni mensyaratkan kemampuan baca dan menulis. Sehingga pihaknya sengaja mengaplikasikan pembelajaran dengan metode jurnalistik kepada anak didik, terutama sebagai metode pembelajaran baca tulis.

“Tentunya sangat berpengaruh positif pada perkembangan anak jika sejak dini sudah memiliki kebiasaan membaca,” jelas dia.

Sehingga bertepatan dengan momentum HPN ini, pihaknya sengaja ikut memperingatinya dengan tujuan lebih mengenalkan siswa pada dunia jurnalistik. Dengan kegiatan ini diharapkan para anak didik dapat lebih semangat belajar, serta tidak kalah pentingnya dapat menumbuhkan cara berpikir kritis terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.

Kegiatan membaca koran massal ini disambut gembira para siswa. Meski kebanyakan mengaku jarang membaca koran, namun  berkegiatan di luar ruangan cukup membuat mereka senang. “Saya sukanya baca komik, tapi baca koran bersama-sama juga menyenangkan, soalnya bisa sambil bermain,” tutur Misya Ayu Sariastuti (9), siswi kelas 4 SDN Randu.









Source

No comments:

Post a Comment