Wednesday, February 19, 2014

Kemenhub Pastikan Lusa Bandara Adi Sumarmo Dibuka

 Warga saat melihat suasana Bandara Adi Sumarmo (Foto: Bramantyo/okezone)

Solo - Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Muhammad Alwi memastikan, Bandara Internasional Adi Sumarmo, Solo, Jawa Tengah, akan kembali dioperasionalkan pada Kamis 20 Pebruari 2014.

"Bandara sudah bisa dipergunakan resmi pada Kamis besok mulai pukul 07.00 WIB, kalau Rabu (19 Februari) belum bisa," kata Alwi dalam konfrensi pers di Bandara Internasional Adi Sumarmo, Selasa (18/2/2014).

Keputusan tersebut dibuat setelah rapat koordinasi yang melibatkan TNI AU serta mempertimbangkan semua laporan masuk, termasuk laporan BMKG.

Arus lalu lintas udara di atas bandara Adi Sumarmo, lanjut Alwi, masih belum bersih dari abu vulkanik hingga Rabu besok, sehingga sangat membahayakan jika masuk ke dalam mesin jet pesawat.

"Lusa, Adi Sumarmo sudah bisa didarati pesawat seperti biasannya. Hanya empat pesawat ini saja Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya, dan Kalstar yang belum boleh terbang sebelum ada pemeriksaan secara detail, menyangkut kondisi pesawat yang sudah lama parkir sejak hujan abu," jelasnya.

Dibandingkan Bandara Juanda dan Lima bandara lainnya di bawah Wilayah III Surabaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Bandara Adi Sumarmo termasuk yang paling parah terkena abu vulkanik Gunung Kelud.

"Untuk Juanda, pembersihan bisa segera dilakukan siang malam dan udara serta arus lalu lintas di atasnya sudah bersih. Kalau di sini beda, debu vulkanik tebal dan udara di atas belum bersih sangat berbahaya untuk penerbang," paparnya.








No comments:

Post a Comment