Saturday, February 15, 2014

Ada Wajah Raksasa Muncul saat Kelud Meletus

 Ada Wajah Raksasa Muncul saat Kelud Meletus

Nataberita - Sejak Kamis (13/2/2014) malam, baik media masa dan media elektronik tak henti-hentinya memberitakan meletusnya Gunung Kelud.

Berbagai fenomena alam terjadi. Mulai dari sambaran-sambaran petir mencekam yang menghiasi langit malam, hujan kerikil sebesar kelereng hingga pasir dan abu pun terjadi deras.

Sebelum erupsi terjadi, gumpalan awan hitam memang sudah terlihat menggantung di angkasa. Tentu saja, tak sedikit orang yang mengabadikan momen mencekam ini dari kamera ponsel mereka.

Di situs Youtube dan beberapa jejaring sosial, ada satu foto yang cukup menarik perhatian. Di Facebook, sebuah foto wajah yang mirip manusia raksasa terbentuk dari gumpalan abu vulkanik Gunung Kelud.

Banyak yang percaya akan foto itu, namun tak sedikit pula yang mengatakan foto ini hanya editan semata. Hal seperti ini terjadi bukan untuk pertama kali. 

api meletus, juga muncul sebuah foto dengan pemandangan wajah salah satu Punakawan yang tertangkap jelas di sebuah kamera. Saat musibah dunia, gedung WTC yang dihantam pesawat terbang beberapa waktu lalu pun juga sempat merebakkan isu foto wajah di antara ledakan hebat.

Kalau foto itu memang benar adanya tanpa editan, hal ini merupakan suatu hal yang teramat wajar. Fenomena yang melibatkan stimulus samar dan acak membentuk sebuah gambar jelas ini disebut Pareidolia dikutip dari Wikipedia. Dalam hal ini, stimulus samar dan acak ini adalah gumpalan abu vulkanik.








Source

No comments:

Post a Comment