Tuesday, July 23, 2013

Wow Cacing Terpanjang Capai Ukuran Hingga 60 Meter

nataberita.blogspot.com - Wow ini cacing terpanjang di dunia, jenis cacing terpanjang ini bica capai ukuran hingga 60 meter panjangnya. Mungkin selama ini yang ada dalam pikiran kita, binatang yang terpanjang itu adalah paus atau buaya besar. Ternyata dugaan kita itu salah besar. Karena sebenarnya predikat sebagai binatang terpanjang itu disandang oleh cacing. Cacing bootlace (bootlace worm) namanya.

Dalam bahasa latin disebut Lineus Longissimus. Cacing ini pertama kali ditemukan di pantai St Andrews, Skotlandia pada tahun 1864 dengan panjang kurang lebih 30 meter. Bahkan menurut penelitian lebih lanjut hewan ini bisa tumbuh hingga 60 meter.



Cacing terpanjang di dunia ini dapat ditemukan di pantai-pantai berpasir, pantai-pantai berlumpur, dan di kolam pasang. Panjang normalnya sih hanya 5-10 milimeter. Yang unik, jika dia tidak menemukan mangsa bisa memakan dirinya sendiri. Cacing ini pun bisa menyerang manusia, membuat kita menjadi mati rasa. Seperti terkena air keras gitu kali gan. Yah, hati-hati saja jika bermain-main di tempat yang kemungkinan terdapat cacing tersebut.






Source

No comments:

Post a Comment