Monday, July 1, 2013

Peneliti Temukan Planet Bisa Dihuni

Peneliti Temukan Planet Bisa Dihuni


Nata Berita - Ilmuwan mengidentifikasi tiga planet baru yang mengelilingi sebuah bintang bernama Gliese 667C. Ilmuwan menyebut tiga planet itu sebagai super-Bumi atau trio dunia karena dapat dihuni.

Temperatur di tiga kawasan itu memungkinkan untuk cairan. Namun belum ada kepastian mengenai kondisi di tiga planet tersebut.

Gliese 667C berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menyebut bisa melihatnya di langit di konstelasi Scorpius (Kalajengking).

Gliese 667C memiliki tiga planet yang mengorbit. Zona yang bisa dihuni lebih besar dari dunia yang kita tinggali saat ini. Tapi mungkin, permukaannya masih penuh dengan bebatuan.

Sekarang, tim pimpinan astronom Guillem Anglada-Escude dari Universitas Göttingen, Jerman, dan Mikko Tuomi, dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengkaji ulang sistem tata surya di tempat itu.

Para peneliti menggunakan sebuah teleskop 3,6m di Observatorium Silla di Cile dalam mengkaji planet tersebut.

"Mereka memiliki massa berkisar antara 2,7 hingga 3,8 kali lebih besar dari Bumi,'' kata Mikko Tuomi.

"Periode orbit mereka adalah 28, 39, dan 62 hari, yang artinya adalah mereka semua mengelilingi bintang lebih dekat dari permukaan Merkuri di sistem tata surya kita,'' tambahnya.

Di tiga planet itu, tim menemukan bukti yang menggoda yang mungkin menjadi dunia berbatu lainnya di lingkaran dalam zona. Planet tersebut membutuhkan atmosfir untuk mendapatkan cadangan air di permukaan. Tetapi jaraknya lebih dari 200 miliar kilometer.

Jadi peneliti tidak bisa menentukan kondisi kesempatan hidup di planet-planet tersebut. Meski demikian, peneliti yakin planet-planet itu dapat menjadi kandidat hunian manusia.






 Sumber

No comments:

Post a Comment