Friday, July 19, 2013

Malam Ini, Bumi dan Manusia Akan Dipotret dari Saturnus



Nata Berita — Malam ini, atau tepatnya Sabtu (20/7/2013) dini hari nanti, Bumi dan manusia akan dipotret dari Saturnus oleh wahana antariksa Cassini. Bumi mungkin hanya akan tampak sebagai titik kecil dan manusia tentu takkan kelihatan sama sekali. Namun, momen di mana Bumi dipotret dari jarak miliaran kilometer ini patut dirayakan.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menamai momen pemotretan Bumi dari Saturnus ini sebagai The Day the Earth Smiled. NASA dengan tagline Wave at Saturn mengajak seluruh warga Bumi untuk melambaikan tangan ke arah Saturnus saat Cassini memotret Bumi nanti.

Berasarkan keterangan di situs NASA, Kamis (18/7/2013), Cassini akan memotret Bumi, Sabtu dini hari antara pukul 04.27 WIB hingga 04.47 WIB, dari sahur hingga sesaat setelah imsak. Cassini akan berupaya memotret Bumi, Saturnus, dan cincin Saturnus dalam satu frame.

Dengan Cassini yang kini tengah mengorbit planet bercincin itu, pemotretan Bumi akan berlangsung dari jarak 1,44 miliar kilometer, atau 10 kali lipat jarak Bumi-Matahari. Bila Cassini berhasil, foto yang dihasilkan akan menjadi salah satu foto Bumi paling spektakuler.

Cassini pernah berhasil memotret Bumi dari Saturnus pada tahun 2006. Saturnus tampak sebagai bola dengan cincin di sekitarnya. Bumi sendiri terlihat sebagai titik yang sangat kecil di bagian atas gambar. Tahun 1990, wahana Voyager juga pernah memotret Bumi dari Saturnus, menghasilkan citra bersejarah yang disebut Pale Blue Dot.

Seperti apa hasil foto Cassini nanti? kita tunggu saja. Cassini telah beroperasi selama sembilan tahun. Walau masih banyak yang bisa dipelajari dari Saturnus, Cassini harus pensiun pada tahun 2017. Pada saatnya nanti, Cassini akan "bunuh diri" di atmosfer Saturnus.





Sumber

1 comment:

  1. momen sejarah neh, asal motonya gak pake kamera hp ajah hehehe
    http://www.dewafx.com

    ReplyDelete