Friday, July 19, 2013

5 Hewan Memiliki Alat Kelamin Unik


Membicarakan alat kelamin atau genitalia di dalam ilmu pengetahuan bukanlah hal tabu, meski terkadang sebagian masyarakat masih tabu membicarakan tema tersebut di hadapan anak-anak mereka. Namun di dunia hewan, alat kelamin merupakan satu-satunya cara bagi mereka untuk memiliki keturunan dan memuaskan kematangan seksual mereka. Meskipun untuk menyeimbangkan dan menjaga populasinya perlu campur tangan manusia. Tidak semua bentuk genitalia hewan sama (tipikal), melainkan ada beberapa hewan yang memiliki bentuk unik. Berikut uniknya.com merangkum 5 hewan berkelamin unik:

1. Laba-Laba Penyengat (Bola Sperma)


Laba-laba penyengat jantan secara teknis tidaklah memiliki penis seperti jenis laba-laba lain, mereka memiliki cara yang unik untuk memberikan sperma kepada betinanya. Dengan membentuk sperma seperti gulungan bola sutra, kemudian mereka masukan dengan tangan ke dalam kelamin betina. Karena laba-laba hanya memiliki satu kali kesempatan untuk melakukan perkawinan, sehingga mereka memiliki cara-cara yang unik untuk melakukannya. Laba-laba penyengat jantan akan memasukan sepermanya yang unik ke dalam dan memodifikasi alat kelamin betina agar tidak dibuahi oleh jantan lainnya. Karena sperma yang berbentuk gulungan bola sutra tersebut akan mengahalangi lubang kelamin betina.

2. Masquitofish (Duri Kait)


Masquitofish (hampir mirip teri) jenis Llanos yang hidup di perairan Meksiko, ternyata memiliki alat kelamin jantan yang unik. Ikan kecil ini memiliki ukuran, untuk jantan panjangnya sekitar 1,5 inchi dan betina mampu hingga 2 inchi. Mereka memiliki alat kelamin yang unik, yakni menggunakan mekanisme buka tutup. Hal tersebut berguna untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh mereka. Alat kelamin jantan masquitofish llanos memiliki 4 duri, gunanya untuk membuka alat kelamin betina yang tertutup sehingga dapat dibuahi.

3. Lalat Buah (Sperma yang panjang)


Serangga yang satu ini Sobat Unik meskipun terlihat kecil, sederhana dan terkadang kehadirannya sangat mengganggu, ternyata memiliki satu hal yang mengagumkan. Hewan invertebrata yang indah ini ternyata memiliki sperma yang panjangnya 20 kali lipat dari tubuhnya.

Drosophila bifurca jantan, merupakan jenis lalat buah yang mampu memproduksi sperma sepanjang lebih dari 2 inchi. Para peneliti menyimpulkan hal tersebut diakibatkan oleh rumitnya sistem reproduksi lalat betina Drosophila bifurca, yang memiliki kimia rahasa yang mampu membunuh sperma jantan. Sehingga dengan sperma yang panjang, memungkinkan masih terjadinya pembuahan.

4. Tikus Ladang kecil (Penis setengah tubuh)


Sobat Unik ternyata tikus ladang yang dikenal rakus dan banyak dimusuhi para petani, juga memiliki alat kelamin jantan yang unik. Mereka memiliki penis yang panjangnya hampir setengah dari tubuh mereka, yakni sekitar 8 mm. di keluarga binatang pengerat, tikus ladang imut inilah yang memiliki penis terpanjang.

5. Kumbang Dayung (Penis Berbunyi)


Jika jangkring mengahasilkan bunyi dengan menggesekkan kaki dan sayap mereka, nah lebih unik lagi kumbang dayung yang satu ini. Meskipun ukurannya hanya 2 mm, namun jantannya memiliki penis yang bisa menghasilkan bunyi. Bahkan bunyi getaran penis para jantan tersebut terdeteksi mencapai 100 desibel gelombang suara, sama halnya dengan menyaksikan pertunjukan opera secara langsung… Wow! Maka jangan heran atau menyangka bunyi yang berasal dari sungai ataupun kolam, empang, adalah ulah jangkrik, karena itu bebunyian yang dihasilkan kumbang dayung melalui penisnya.





source

No comments:

Post a Comment